Sabtu, 01 Desember 2007

Bahasa Turki Utsmani
Bahasa Turki Ottoman adalah varian bahasa Turki yang digunakan sebagai bahasa pemerintahan dan sastra Kerajaan Ottoman. Bahasa itu memuat banyak kata pinjam dari bahasa Arab dan bahasa Persia serta ditulis dalam aksara Arab. Bahasa Turki Ottoman yang dituturkan di ibukota cukup berbeda dari yang diucapkan para petani dan masyarakat desa di pedesaan, bahkan hingga keduanya tidak dapat mengerti satu sama lain.
Pada 1928, setelah reformasi yang dilakukan Mustafa Kemal Atatürk, bahasa Turki populer muncul. Bahasa populer itu lebih banyak terpengaruh bahasa-bahasa Eropa daripada bahasa Arab dan Persia serta menggunakan aksara Latin. Alasan perubahan ini adalah karena rakyat yang tinggal di pedesaan dan kota-kota kecil tidak dapat mengerti pembicaraan orang-orang yang tinggal di kota besar. Bahasa Turki Ottoman dianggap sebagai bahasa yang berbeda sama sekali dibandingkan dengan bahasa Turki saat ini. Anggapan ini tampaknya bermuatan politik dan tidak beralasan jika dilihat dari sudut pandang linguistik. Meskipun begitu, kebanyakan orang-orang Turki saat ini tidak dapat mengerti bahasa Turki Ottoman, apalagi menulisnya.

Alfabet
Varian Ottoman yang benar untuk gef seharusnya mempunyai "mini-kaf" ﻙ dan garis atas ganda گ. Fitur ini kini jarang ditemukan dalam tulisan modern.

Tidak ada komentar: