Minggu, 12 Agustus 2007

Anarkis
Bagian dari seri tentang Anarkisme
Varian anarkisme
Varian Anarkisme Anarko-Komunisme Anarko-Sindikalisme Anarka-Feminisme Anarkisme individualisme Anarkis Platformis Infoanarkisme Anarki pasca-kiri Anarkisme Hijau Anarko-primitifisme Seputar dunia
Anarkisme di Spanyol Anarkisme di Afrika Anarkisme di Indonesia Anarkisme dalam budaya
Anarkisme dan Masyarakat Ekonomi anarkis Anarkisme dan Kapitalisme Anarkisme dan Marxisme Anarkisme dan agama Anarkisme dan seni Anarko-punk Anarko-skinhead Simbolisme anarkis Hukum anarkis Anarkisme Kristen Anarkisme kripto Sejarah terkait
Komune Paris Kerusuhan Haymarket Pemberontakan Kronstadt Narodnichestvo Revolusi Spanyol May 1968 Pertemuan WTO 1999 Daftar terkait
Komunitas Konsep Musisi Organisasi Daftar pemikir anarkis Subjek terkait
Anarkis Anarki Anarko- Anti-otoritarian Anti-kapitalisme Anti-globalisasi Antifa Antinomianisme Blok Hitam Crimethinc Eko-anarkisme Earth First! Food Not Bombs Demokrasi industri Indymedia Marxisme Otonomis Ekonomi Partisipatif Primitivisme Penghapusan penjara Munisipalisme libertarian Saminisme Sosialisme libertarian Situasionis Ekologi sosial Workers' self-management Zapatista
Etimologi
Kata anarki adalah sebuah kata serapan dari anarchy (bahasa Inggris) dan anarchie (Belanda/Jerman/Perancis), yang juga mengambil dari kata Yunani anarchos/anarchia. Ini merupakan kata bentukan a (tidak/tanpa/nihil) yang disisipi n dengan archos/ archia (pemerintah/kekuasaan). Anarchos/anarchia = tanpa pemerintahan. Sedangkan Anarkis berarti orang yang mempercayai dan menganut anarki.

Dari awal hingga kini
Pada empat garis merah itulah anarki berkiprah sejak lahir sampai saat ini. Dimulai sekitar akhir abad XVII oleh kaum buruh di berbagai negara Eropa semisal Rusia dan Spanyol, anarkisme menyebar ke Asia dan AS.
Tokoh-tokoh anarkis awal yang terkenal adalah Max Stirner (1806-1856), Pierre-Joseph Proudhon (1809-1865), Mikhail Bakunin (1814-1876), Peter Kropotkin (1842-1921). Mereka tokoh-tokoh anarkis awal yang bukan hanya teoritis tapi berupaya mewujudnyatakan paham anarkisme dengan program-program yang sistemik.

Keyakinan anarkis
Sejumlah karya pikir para humanis dewasa ini semisal Noam Chomsky, Colin Ward, O'Hara dan Murray Bookchin, mengandung prinsip garis merah anarkisme. Bahkan mereka acapkali didaftar sebagai kaum anarkis. Muara dari deret panjang karya tulis dan berbagai kegiatan lain kaum anarkis adalah empat garis merah di atas. Untuk mengontrol konsistensi garis merah tersebut, berikut ini empat contoh keyakinan kaum anarkis.

Anarkisme adalah sebuah sistem sosialis tanpa pemerintahan. Ia dimulai di antara manusia, dan akan mempertahankan vitalitas dan kreativitasnya selama merupakan pergerakan dari manusia (Peter Kropotkin).
penghapusan eksploitasi dan penindasan manusia hanya bisa dilakukan lewat penghapusan dari kapitalisme yang rakus dan pemerintahan yang menindas (Errico Malatesta).
kebebasan tanpa sosialisme adalah ketidakadilan, dan sosialisme tanpa kebebasan adalah perbudakan dan kebrutalan (Mikhail Bakunin).
kami tidak perlu merangkul dan menggantungkan hidup kepada pengusaha kaya sebab ujungnya mereka untung dan kami buntung. Tanpa mereka, kami tetap bisa mengorganisasikan pertunjukan, acara, demonstrasi, mempublikasikan buku dan majalah, menerbitkan rekaman, mendistribusikan literatur dan semua produk kami, mengadakan boikot, dan berpartisipasi dalam aktivitas politik. Dan kami dapat melakukan semua itu dengan baik (O'Hara).

Tidak ada komentar: