Rabu, 09 April 2008


Stripped adalah album berbahasa Inggris kedua yang dirilis oleh Christina Aguilera pada tahun 2002 lalu. Album ini mengusung 20 lagu dalam 1 disc. Penjualan album ini tidak sebaik album perdananya yang telah terjual lebih dari 8 juta kopi di Amerika Serikat dan mendapatkan 8 kali platinum, serta terjual lebih dari 12 juta kopi di seluruh dunia.
Album Stripped telah terjual lebih dari 4 juta keping di Amerika Serikat dan mendapatkan 4 kali platinum, serta terjual lebih dari 12 juta keping di seluruh dunia.
Album Stripped ini berisi lagu-lagu yang menggambarkan garis besar kehidupan seorang Christina Aguilera di masa lalu yang penuh dengan kepedihan.

Tangga Lagu
Album Stripped terjual lebih dari 330.000 keping dalam waktu satu minggu setelah album tersebut dirilis pada tanggal 29 Oktober 2002 dan menduduki posisi 2 untuk penjualan album terlaris di AS. Pada bulan Desember 2004, Stripped mendapat 3x platinum dari IFPI untuk penjualan album lebih dari 3 juta keping di Eropa. Di UK, album ini terjual lebih dari 1,8 juta keping dan mendapat 6x platinum.
Album Stripped juga menduduki posisi 6 di Jerman dan akhirnya mendapat 3x platinum setelah bertahan selama 77 minggu di tangga lagu Jerman. Di Perancis album ini terjual lebih dari 140.000 keping dan bertahan selama 56 minggu di tangga lagu Perancis. Sertifikasi untuk album Stripped juga datang dari negara Kanada dan Australia. Di Australia, Stripped mendapat 2x platinum meskipun album ini hanya menduduki posisi 7 untuk album terlaris di negara kanguru tersebut. Sedangkan di Kanada, Stripped memperoleh 2x platinum.

Penghargaan

Stripped (album) 2003

2004

Stripped (album) Daftar Lagu

"Stripped Intro" – 1:39
"Can't Hold Us Down" (featuring Lil' Kim) (Christina Aguilera, Scott Storch, Matt Morris) – 4:15
"Walk Away" (Christina Aguilera, Scott Storch, Matt Morris) – 5:47
"Fighter" (Christina Aguilera, Scott Storch) – 4:05
"Primer Amor Interlude" – 0:53
"Infatuation" (Christina Aguilera, Scott Storch, Matt Morris) – 4:17
"Loves Embrace Interlude" – 0:47
"Loving Me 4 Me" (Christina Aguilera, Scott Storch, Matt Morris) – 4:36
"Impossible" (Alicia Keys) – 4:14
"Underappreciated" (Christina Aguilera, Scott Storch, Matt Morris) – 4:00
"Beautiful" (Linda Perry) – 3:58
"Make Over" (Christina Aguilera, Linda Perry) – 4:12
"Cruz" (Christina Aguilera, Linda Perry) – 3:49
"Soar" (Christina Aguilera, Rob Hoffman, Heather Holley) – 4:45
"Get Mine, Get Yours" (Christina Aguilera, Steve Morales, Balewa Muhammad, David Siegel) – 3:44
"Dirrty" (featuring Redman) (Christina Aguilera, Dana Stinson, Balewa Muhammad, Reggie Noble, Jasper Cameron) – 4:58
"Stripped Pt. 2" – 0:45
"The Voice Within" (Christina Aguilera, Glen Ballard) – 5:04
"I'm OK" (Christina Aguilera, Linda Perry) – 5:18
"Keep on Singin' My Song" (Christina Aguilera, Scott Storch) – 6:29
Lagu Get Mine, Get Yours untuk album Stripped versi Meksiko diganti dengan versi bahasa Spanyol berjudul Dame Lo Que Yo Te Doy (Give Me What I Give You). Versi latin lagu etrsebut juga ada di CD single Beautiful. Single
Single dari album Stripped ini antara lain "Dirrty" (duet dengan Red Man), "Beautiful", "Fighter", "Can't Hold Us Down" dan "The Voice Within". Beberapa single lain yang juga banyak diputar di radio-radio di Indonesia antara lain "Infatuation" dan "Get Mine Get Yours".

Fighter
"Fighter" adalah lagu atau single ketiga yang dirilis oleh RCA. Fighter merupakan lagu yang diciptakan oleh Christina Aguilera, Dawk dan Scott Storch.
Video klipnya disutradari oleh Floria Sigismondi yang juga turut andil bagian dalam pembuatan video klip "Hurt". Konsep utama video ini terinspirasi dari proses metamorfosis kupu-kupu sejenis moth.
Di Indonesia, Fighter berada diurutan ke sepuluh tangga lagu, sementara di Filipina lagu ini menduduki urutan pertama selama kurang lebih 7 minggu berturut-turut.

Tidak ada komentar: